Cara Merawat Kulit Wajah Pria

Merawat Kulit Wajah Pria




Pendapat yang menyatakan perawatan kulit wajah adalah urusan wanita itu salah besar. Bukan cuma wanita, pria pun harus memperhatikan kesehatan kulit wajahnya. Bahkan seharusnya pria lebih banyak merawat kulit wajah dibanding wanita. Kenapa demikian?


Secara umum, 20% kulit pria lebih berminyak, berpori lebih besar, dan tampilannya lebih kasar tinimbang kulit perempuan. Akibatnya, kulit pria lebih mudah kotor lantaran dengan pori terbuka kotoran lebih mudah
masuk. Ditambah lagi aktivitas kaum pria yang cenderung lebih tinggi dibanding perempuan. Terpaan sinar matahari, debu, cucuran keringat, hingga polusi yang lebih banyak ketika beraktivitas di luar, membuat kulit muka pria mau tidak mau harus dirawat.


Hanya saja, sebenarnya esensi perawatan muka pria dengan perempuan tak beda jauh. Toh sama-sama untuk mendukung penampilan dan kesehatan. Cuma intensitas pekerjaan yang tinggi dan waktu luang yang tak banyak pada pria membuat perlakuannya berbeda. Perawatan kulit muka pria bisa lebih sedikit dan simpel. Produk-produk perawatan kulit pria pun biasanya menyesuaikan, lebih sederhana dan praktis.

Berikut adalah beberapa upaya minimal yang dilakukan pria dalam merawat kulit mukanya.

Facial wash (pembersih wajah)

Agar kebersihan kulit wajah terjaga, facial bisa dilakukan secara teratur , minimal dua kali sehari. Gunakanlah facial dengan pH seimbang sehingga kelembapan kulit alami terjaga.

Moisturizer (pelembap)

Kulit lembap bisa mencegah kulit berkerut dan penuaan dini. Pelembap bisa digunakan dua kali sehari setelah mencuci wajah. Pelembap dapat berbentuk krim atau lotion. Krim lebih cocok digunakan oleh pria yang berkulit normal dan cenderung kering. Sementara lotion lebih cocok digunakan pria dengan kulit berminyak.

Sunscreen

Sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari, terlebih di alam tropis yang mendapat sinar sepanjang tahun. Bila beraktivitas di luar ruangan pada siang hari (pukul 10.00-14.00), kita harus menggunakan sunscreen pada wajah. Pilihlah sunscreen dengan SPF spektrum luas 15 untuk aktivitas dalam ruangan dan SPF 30 untuk aktivitas di luar ruangan.

Jadi bagi para pria mulailah merawat kulit wajah agar kesehatannya tetap terjaga. Dan tidak perlu malu atau gengsi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini