Makanan Yang Dapat Mengatasi Kulit Kering



Ada banyak cara untuk mengatasi kulit kering seperti yang sudah dijelaskan dalam artikel sebelumnya bersama penyebab kulit kering. Namun siapa sangka bahwa beberapa jenis makanan juga bisa mengatasi kulit kering dan bahkan membuat kulit bersinar.

Jika Anda menginginkan punya kulit bersinar dan bebas dari kulit kering, cobalah untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan berikut ini:



Kulit kering bisa terjadi saat musim penghujan, atau pun musim peralihan seperti saat ini. Kulit cenderung menjadi kering, tidak nyaman, gatal, bahkan sering kemerahan. Selain menggunakan pelembab, melindungi diri dari panas, beberapa makanan di bawah ini juga dapat membantu memperbaiki kulit yang kering.

Air.

Dari perspektif makanan, hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk menjaga kulit agar tidak semakin kering adalah tetap terhidrasi. Air minum sangat penting untuk meningkatkan sirkulasi kulit. Selain air minum, makan buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan air cukup tinggi seperti melon, apel, jeruk, nanas, seledri, atau mentimun.

Makanan tinggi asam lemak omega-3.

Lemak ini membantu melembutkan kulit kuring dengan menahan kelembaban kulit, yang juga membantu mengurangi kerutan. Makanan tinggi omega-3 termasuk salmon, tuna, dan ikan trout. Atau biji rami, avokad, dan kenari.

Makanan mengandung seng (zinc).

Jika kulit kering dan pecah-pecah, liriklah makanan yang mengandung seng. Seng membantu menyembuhkan luka dengan memperbaiki kulit yang rusak sekaligus melindunginya. Makanan seperti tiram, kacang-kacangan, kalkun, kepiting, dan daging sapi tanpa lemak adalah makanan yang kaya akan seng.

Makanan kaya vitamin A.

Vitamin A dapat menyejukkan kulit, serta kulit bersisik. Vitamin A juga dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit, ini terjadi jika Anda terlalu banyak kena angin atau matahari. Selain sayuran hijau, cobalah makan wortel, ubi jalar, dan labu.

Makanan tinggi vitamin E.

Vitamin ini membantu kulit sebagai pelembab alami dan menahan serangan ultraviolet. Makanan tinggi vitamin E termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian, avokad, gandum, biji rami, minyak biji rami, sayuran hijau, dan brokoli.

Makanan yang Membuat Kulit Bersinar


Nutrisi didapatkan dari makanan yang bekerja lebih optimal dari berbagai jenis produk yang telah Anda coba. Cobalah hasil yang luar biasa dengan mengonsumsi jenis buah-buahan berikut ini.

Mangga

Untuk menjaga kulit tetap lembap dan sekaligus melindungi dari bahaya sinar matahari, cobalah mengonsumsi mangga. Mangga mengandung beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. “Vitamin A sangat diperlukan untuk menjaga kulit sehat dan memperbaiki jaringan kulit yang mencegah dari kulit kering,” kata Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetic Association. Vitamin A juga dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Jeruk

Cobalah mengonsumsi jeruk untuk membantu menghilangkan kerutan pada kulit secara perlahan. Jeruk banyak mengandung vitamin C yang bekerja melindungi sel-sel kulit dari radikal bebas, atom yang merusak sel dan mempercepat gejala penuaan. Jumlah yang cukup dari vitamin C pada kulit akan membuat kulit tampak segar dan sehat. Vitamin C juga dibutuhkan untuk memompa produksi kolagen, dan karena itu, keriput pada kulit dapat diminimalkan.

Tomat

Buah ini juga dianjurkan karena memiliki manfaat untuk keindahan kulit. Tomat memiliki likopen yang berfungsi melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan bekerja sebagai antioksidan. Orang yang mengonsumsi tomat selama 12 hari memiliki 33 persen perlindungan dari risiko kulit terbakar karena sinar matahari, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini